BIOGRAFI SINGKAT KH BAHRUDDIN











foto dari kanan : KH Bahruddin




BIOGRAFI
KH BAHRUDDIN, S.Ag
( Pimpinan Pondok Pesantren Daar El-Hikam)



KH Bahruddin S.Ag Lahir di Kepo Duri, Jakarta Barat pada tanggal 02 Agustus 1968. Saat ini, beliau berdomisili di Jl. Menjangan Raya No. 27 Kelurahan Pondok Ranji, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.

KH Bahruddin memulai pendidikan formalnya di SDN 02 Duri Petang  tahun 1977-1982. Kemudian beliau nyantri di Pesantren Daar El-Qolam Gintung Tangerang dari kelas 7-11 pada tahun 1982-1987. Melanjutkan pendidikan nya di Pondok Pesantren Al-Falah, Kebayoran lama tahun 1987-1988. Mengabdi di MI Tanwirul Qulub tahun 1988-1990. Kemudian beliau melanjutkan jenjang pendidikan S1 di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jurusan Perbandingan Madzhab dan Hukum Fakultas Syariah dan Hukum tahun 1990-1996. Lalu mengikuti program 1 tahun Ma’had Ali Arba’in, Kebayoran Lama Jakarta Selatan tahun 2000-2001.

Secara garis besar, riwayat pendidikan beliau tidak lepas dari dunia pesantren. Beberapa guru ngaji beliau adalah : Alm. Ustd Munir, (Guru Ngaji Waktu Kecil ), KH. Hibatullah Sidiq (Pimpinan Ponpes Al-Falah), Alm Kiyai Haji Abdul Hadi ( Pimpinan Ponpes Al-Falah ), Alm. Kiayi Cama ( Kiyai Kampung ), Alm. Kiyai Abdul Mudjib Al-Ayyubi ( Pimpinan Ponpes Al-Husna ), Alm. KH Ahmad Rifa’i Arif ( Pimpinan Ponpes Daar El-Qolam ), KH. Buniyamin (kelapa dua, Jakarta Barat), dan Kyai Haji Muhammad Syafi'i Hadzami atau lebih dikenal dengan Mu'allim Syafi'i Hadzami adalah seorang ulama asli Betawi.

Beliau pernah menjadi Ketua suro NU Cabang Pondok ranji (2010), menjadi Dewan Hakim MTQ Tangerang Selatan (2015-Sekarang) dan Pimpinan Pondok Pesantren Daar El-Hikam, Pondok Ranji, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Untuk mencetak generasi muslim yang berawasan keilmuan dan amal, melestarikan kitab-kitab kuning dan dengan tujuan mencetak generasi yang sukses di dunia dan di akhirat. KH Bahrrudin Mendirikan Pondok Pesantren As-Sulaimaniyah pada tahun 2000 yang didominasi oleh santri Mahasiwa. pada tahun 2007, Nama As-Sulaimaniyah diganti dengan Daar El-Hikam dalam bentuk Yayasan Pendidikan Islam Daar El-Hikam. Kemudian dalam rangka mewujudkan cita-cita dan tujuan didirikannya pesantren ini, Ponpes Daar El-Hikam merintis Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) pada tahun 2016, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2019.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SYEKH AHMAD SYATHIBI ( Bapak Pendidikan dari Tanah Pasundan )

ANJANI ( Cinta dan Patriarki )